Skip to main content

RPP KTSP Kelas 5 Semester 1 IPS Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan   
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Materi                         : Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi
Kelas/ Semester         : V/ I
Alokasi Waktu           : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)


A.    Standar Kompetensi
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang bersekala nasional pada masa Hindu, Budha dan Islam, keragaman, kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

B.     Kompetensi Dasar
1.5. Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

C.    Indikator
1.5.1 Menguraikan jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi
1.5.2 Menyebutkan jenis-jenis usaha dalam bidang ekonomi

D.    Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan  jenis usaha dalam bidang ekonomi.
2. Dengan diberikan LDS dan kesempatan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan  jenis usaha dalam bidang ekonomi dengan tepat.
E.     Materi Pembelajaran
Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi (terlampir)

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan           : Scientific (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
2.      Model                    : Student Teams Achievement Divisions (STAD)
3.      Metode                  : Tanya jawab,  pemberian tugas dan diskusi kelompok

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
1.
Kegiatan pendahuluan
a.       Guru mengucap salam pada awal masuk kelas.
b.      Siswa berdoa sebelum memulai pelajaran.
c.       Guru melakukan presensi kehadiran siswa.
d.      Melakukan apersepsi : anak- anak pada hari ini kita akan mempelajari jenis- jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat dan jenis- jenis kegiatan ekonomi, tahukah kalian apa saja jenis- jenis usaha   di Indonesia.
5 menit
2.
Kegiatan Inti                                
a.       Guru dan siswa tanya jawab mengenai jenis – jenis pekerjaan orangtua (eksplorasi).
b.      Siswa menyebutkan jenis- jenis pekerjaan orangtua (eksplorasi).
c.       Guru bersama siswa mengadakan Tanya jawab jenis- jenis usaha yang berkaitan dengan jenis- jenis pekerjaan orangtua ( eksplorasi).
d.      Guru membimbing siswa menyebutkan jenis- jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat (elaborasi).
e.       Mengelompokkan jenis pekerjaan sesuai dengan bidang usaha perekonomian masyarakat. (eksplorasi).
f.       Guru menugaskan setiap siswa  untuk menyebutkan  jenis- jenis usaha perekonomian  yang ada di masyarakat (  elaborasi).
g.      Secara berkelompok siswa dapat menyebutkan jenis- jenis usaha perekonomian yang ada dimasyarakat (eksplorasi).
h.      Guru bersama siswa sama- sama memberikan penilaian hasil kerja kelompok (konfirmasi).
i.        Guru bersama siswa menyamakan persepsi tentang hasil pekerjaan siswa.
j.        Siswa diberi kesempatan untuk bertanya (konfimasi).
k.      Guru meminta siswa secara berkelompok mengerjakan Lembar Diskusi Siswa . (konfirmasi).
l.        Siswa diminta untuk membacakan hasil diskusi kelompok (konfirmasi).
50 menit
3.
Kegiatan Penutup
a.       Siswa menyimpulkan materi tentang jenis- jenis usaha perkonomian yang ada di masyarakat.
b.      Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa.
c.       Guru memberikan evaluasi
d.      Guru melakukan refleksi dan memberi tindak lanjut
e.       Guru memberikan motivasi kepada siswa.
f.       Pembelajaran ditutup dengan Doa.
15 menit

H.    Sumber dan Alat
1.      Sumber         :
a.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      Silabus Mata Pelajaran IPS Kelas V SD
c.       Susilaningsih, Endang dan Linda S. Limbong. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
2.      Media           : Gambar Usaha dalam Bidang Ekonomi



I.       Penilaian
a.       Lembar Pengamatan Afektif Membangun Karakter
Petunjuk
Amatilah ketika siswa melaksanakan tugas/ diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan dengan berpaduan pada cara pemberian skor.
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai akhir
A
B
C
D
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Keterangan
1.      Aspek yang diamati
a.       A : Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab (mematuhi aturan/ menerima)
b.      B : Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas (bersahabat, toleransi/ berakhlak mulia/ menghayati)
c.       C : Mengembangkan gagasan/ ide ketika bekerja dalam kelompok (kreatif/ membentuk/ mengelola)
d.      D : Menjadi ketua/ anggota yang mampu member motivasi kepada kelompoknya (mendukung/ menanggapi)
2.      Skor
Berilah nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)
a.       Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/ sering
b.      Nilai 3 jika muncul tetapi tidak sering (minimal 3 kali)
c.       Nilai 2 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d.      Nilai 1 jika muncul minimal 1 kali
e.       Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul
f.       NA (Nilai Akhir) = 

b.      Lembar Pengamatan Psikomotorik
Petunjuk
Amatilah ketika siswa melaksanakan tugas/ diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan dengan berpaduan pada cara pemberian skor.
No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai akhir
A
B
C
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

1.      Aspek yang diamati
a.       A : Mengidentifikasi usaha dalam bidang ekonomi (mengidentifikasi/ memanipulasi)
b.      B : Melaporkan hasil kerja kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun (menggunakan/ mempertajam/ artikulasi)
c.       C : Menanggapi hasil kerja kerja kelompok lain (menggunakan/ mempertajam/ artikulasi)
2.      Skor
Berilah nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan skor 0 (minimal)
a.       Nilai 4 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/ sering
b.      Nilai 3 jika muncul tetapi tidak sering (minimal 3 kali)
c.       Nilai 2 jika muncul beberapa kali (minimal 2 kali)
d.      Nilai 1 jika muncul minimal 1 kali
e.       Nilai 0 jika indikator tidak pernah muncul
f.       NA (Nilai Akhir) = 

c.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Tes Hasil : kemampuan siswa menyelesaikan soal
2.      Jenis Tes : Tertulis
3.      Bentuk Tes : Essay
SOAL
Jawablah soal berikut ini dengan benar dan tepat !
1.      Sebutkan 4 jenis- jenis usaha perekonomian masyarakat !
2.      Sebutkan 3 contoh hasil usaha di bidang Agraris !
3.      Sebutkan  2 contoh usaha dibidang jasa !
4.      Sebutkan 2 contoh usaha dibidang barang !
Pedoman penskoran / penilaian
No
Soal
Skor
1
Soal 1
25
2
Soal 2
25
3
Soal 3
25
4
Soal 4
25
Jumlah
100



            Mengetahui
            Dosen Pembimbing




            
Semarang, 

                         Praktikan









Lampiran 1
Materi Pelajaran
Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi

A.    Pengertian Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
B.     Jenis-jenis Usaha dalam Bidang Ekonomi
      Jenis-jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat Indonesia beraneka ragam, di antaranya adalah pertanian, perdagangan, perikanan, peternakan, industri kerajinan, dan jasa.
1.      Pertanian
Negara kita adalah Negara agraris. Berbagai jenis tanaman dapat tumbuh. Hasil tanah pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, tembakau, kelapa sawit, karet, cengkeh, palm, kopi, cendana, kayu putih, lada dan teh.
2.      Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya. usaha peternakan dapat digolongkan menjadi tiga yaitu:
a.       Peternakan hewan besar contohnya peternakan sapi, kerbau dan kuda.
b.      Peternakan hewan kecil contohnya peternakan kambing, domba, kelinci dan babi.
c.       Peternakan unggas contohnya peternakan ayam, itik, entok dan burung
3.      Perikanan
Usaha perikanan dibedakan menjadi dua yaitu:
1)      Perikanan darat adalah usaha memelihara dan menangkap ikan di perairan darat, yang meliputi:
a.       Perikanan air tawar diusahakan di sungai, danau, rawa, waduk atau bendungan, di lembah-lembah sungai dan empang serta sawah yang digenangi air selama tanaman padi masih muda.
b.      Perikanan air payau diusahakan di tambak-tambak yang terdapat di tepi pantai.
2)      Perikanan air laut adalah usaha menangkap ikan di pantai dan di laut serta pembudidayaan ikan laut dalam tambak-tambak.
4.      Pertambangan
Indonesia memiliki berbagai macam mineral. Usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteraan manusia disebut pertambangan. Mineral ini berada dalam perut bumi. Untuk mendapatkannya perlu dilakukan pengalian atau penambangan. Barang tambang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a.       Bahan tambang mineral logam, contohnya timah, bauksit, besi, nikel, tembaga dan emas.
b.      Bahan tambang bukan logam, contohnya keramik, belerang, gibs, dan marmer.
c.       Bahan tambang sumber energi, contohnya minyak bumi, batu bara, dan gas.
5.      Perindustrian
Industri adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi. Bahan mentah berasal dari sumber daya alam. Industri dilakukan untuk meningkatkan mutu atau nilai suatu barang. Usaha industry dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok atau suatu perusahaan, baik pemerintah maupun swasta. Contoh industri yaitu pengolahan ikan menjadi ikan kaleng, karet menjadi ban, dan lain-lain.
6.      Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Barang-barang yang diperdagangkan merupakan hasil pertanian, peternakan, perikanan, barang-barang hasil industri.



7.      Jasa
Jasa adalah kegiatan usaha dalam bentuk pelayanan terhadap konsumen. Contoh usaha jasa adalah perusahaan angkutan, perusahaan asuransi, pengacara, dokter, bank, bengkel, warung internet, warung telekomunikasi (wartel), dan rental komputer.

B.     Bentuk Usaha Menurut Pemiliknya
Bentuk usaha dalam bidang masyarakat ada yang dikelola sendiri (milik perorangan) dan ada pula yang dikelola secara kelompok (milik bersama). Menurut pengelolaan dan kepemilikan usaha, bentuk usaha dibedakan menjadi dua, yaitu milik perorangan (perusahaan perorangan) dan milik bersama (perusahaanpersekutuan). Perusahaan perorangan adalah usaha yang modalnya dimiliki satu orang dan kegiatan usahanya dijalankan sendiri oleh pemiliknya. Bentuk usaha ini banyak ditemukan karena sederhana, mudah cara pendiriannya, pajaknya ringan, dan modalnya sedikit. Perusahan perseorangan, di antaranya adalah perusahaan sepatu (Cibaduyut), perusahaan perak (Kota Gede Yogyakarta), dan perusahaan batik (Solo).
Perusahaan milik bersama dinamakan perusahaan persekutuan. Anggotanya terdiri atas beberapa orang yang bekerja sama untuk mendapatkan keuntungan. Setiap anggota bertanggung jawab atas kewajiban-kewajiban usaha persekutuannya. Usaha persekutuan terdiri atas sebagai berikut.

a. Persekutuan Firma (Fa)
Persekutuan firma adalah persekutuan antara dua orang atau lebih untuk
menjalankan usaha bersama dengan satu nama dan semua anggota bertanggung
jawab penuh atas usaha yang dijalankan. Pembagian keuntungan didasarkan atas
perbandingan modal yang ditanamkan.

b. Persekutuan Komanditer (CV)
Persekutuan komanditer (CV) adalah persekutuan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha bersama. Seorang di antaranya sebagai sekutu aktif, sedangkan yang lainnya sebagai sekutu pasif komanditer (sekutu diam). Sekutu aktif bertanggung jawab penuh atas kelancaran usaha, sedangkan sekutu diam
mempercayakan jalannya usaha pada sekutu aktif.

c. Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan terbatas (PT) adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang modalnya diperoleh dari penjualan saham yang nilai nominalnya sama besar. Orang yang membeli saham disebut pesero. Setiappesero bertanggung jawab pada saham yang ditanamkan. Pemilik Perseroan Terbatas adalah pemegang saham.

d. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
BUMN adalah usaha yang modalnya berasal dari negara yang bertujuan membangun ekonomi nasional. Pimpinan perusahaan adalah sebagai penentu kebijakan yang juga mengurus kekayaan perusahaan.
Menurut Inpres No. 17/1967 dan UU No. 9 /1969 tanggal 1 Agustus 1969, ada tiga jenis BUMN yaitu sebagai berikut.
1) Perusahaan Jawatan (Perjan) Perjan adalah perusahaan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,  tidak semata-mata mencari keuntungan. Contohnya PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api).
2) Perusahaan Umum (Perum) Perum adalah perusahaan yang modalnya berasal dari negara. Selainmelayani masyarakat, perum juga mencari keuntungan. Contohnya Perum DAMRI dan Perum Bulog.
3) Perusahaan perseroan (Persero)
Persero adalah perusahaan negara terbatas yang mencari keuntungan, baik yang sahamnya sebagian atau seluruhnya dimiliki negara. Hal ini diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (Stbl.1847 No. 23). Sekarang perjan dan perum diubah menjadi persero (PT). PT modalnya berupa saham-saham. Jadi persero bukan hanya milik negara tapi juga swasta. Contoh Persero, antara lain PT Kereta Api Indonesia (dulu Perusahaan Jawatan Kereta Api), PT PLN, PT Indosat, PT Semen Cibinong, PT Taspen, dan PT Jasa Raharja. Dalam hal ini masyarakat boleh membeli saham melalui pasar modal. Persero yang demikian disebut PT Terbuka (Tbk). Contohnya PT Semen Gresik Tbk, PT Telkom Tbk, PT BNI Tbk, dan PT INDOSAT Tbk. Ada juga yang belum dijual sahamnya, yaitu PT PLN, PT
POSINDO, dan PT GIA.

e. Badan Usaha Swasta
Badan usaha swasta adalah badan usaha yang didirikan, dimiliki, dimodali, dan dikelola oleh satu atau beberapa orang, biasanya bergerak di bidang perdagangan industri, pertanian, ataupun jasa. Bentuk dari badan usaha swasta, di antaranya PT, firma, CV, dan perusahaan perorangan.

f. Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang berdasarkan usaha bersama dan berasaskan
kekeluargaan. Koperasi berasal dari kata cooperation yang artinya bekerja bersamasama untuk mencapai tujuan bersama. Berdasarkan UU Pokok Perkoperasian No.12/1967, koperasi berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan. Di samping itu, koperasi juga berfungsi sebagai berikut.
a) Alat perjuangan ekonomi.
b) Alat pendemokrasian ekonomi nasional.
c) Salah satu urat nadi perekonomian Indonesia.
d) Alat memperkokoh kedudukan bangsa.
Tujuan koperasi adalah menyejahterakan anggotanya. Koperasi sesuai dengan UUD 1945 Pasal 33 Ayat (1), yaitu bentuk perekonomian yang disusun atas usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi juga sesuai dengan UU No. 25/1992 tentang koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas kekeluargaan.Koperasi didirikan pertama kali oleh Drs. Moh. Hatta. Oleh karena itu, beliau mendapat sebutan sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Landasan koperasi ada tiga, yaitu landasan idiil berupa Pancasila, landasan struktural berupa UUD1945, dan landasan mental berupa rasa karsa, rasa setia kawan, dan kesadaran berpribadi. Ciri koperasi adalah swakarsa, swadaya, dan swasembada.
Manfaat koperasi di antaranya adalah anggota dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga murah,pembayaran dapat diangsur, melayani peminjaman dengan jasa kecil terciptanya hubungan kekeluargaan.Menurut usahanya, koperasi dibedakan menjadi koperasi konsumsi, koperasi simpan pinjam, koperasi
produksi, dan koperasi serba usaha. 















Lampiran 2
Lembar Diskusi Siswa (LDS)

Anggota Kelompok:
1.                                                        
2.    
3.
4.
                                                    
Soal
Uraikan  jenis- jenis usaha dalam bidang ekonomi di bawah ini!
No.
Jenis Usaha
Pengertian
Contoh
1.
Pertanian


   Pertanian adalah usaha mengolah tanah untuk menghasilkan tanaman yang bermanfaat.
2.
Peternakan
1.      Peternakan adalah usaha memelihara binatang peliharaan yang diambil manfaatnya.
3.
Pertambangan


   Pertambangan adalah usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteraan manusia.
4.
Perdagangan


1.      Perdagangan adalah kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
5.
Perikanan

   Perikanan adalah usaha mengolah hewan air laut maupun air tawar untuk diambil manfaatnya.

6.
Perindustrian


Perindustrian adalah usaha atau kegiatan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi.
7.
Jasa


Jasa adalah kegiatan usaha dalam bentuk pelayanan terhadap konsumen.

























Lampiran 3
SOAL EVALUASI
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1.        Kegiatan produksi yang menggunakan tanah sebagai faktor produksi utama disebut usaha bidang …….
a.       Industri
b.       Jasa
c.       Agraris
d.      Perdagangan
2.        Membudidayakan ikan hias termasuk usaha di bidang………
a.       Agraris
b.      Perdagangan
c.       Industri
d.      Jasa
3.        Kursi, meja, dan lemari merupakan hasil kegiatan usaha dibidang…….
a.       Agraris
b.      Industri
c.       Perdagangan
d.      Jasa
4.        Usaha bidang perdagangan adalah…………….
a.         Kegiatan membeli dan menjual barang
b.         Kegiatan produksi yang menggunakan tanah sebagai faktor produksi
c.         Kegiatan mengolah suatu barang mentah menjadi barang baku atau barang jadi.
d.        Kegiatan produksi yang tidak menghasilkan benda, melainkan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan
5.        Berikut ini yang bukan merupakan pekerjaan bidang jasa adalah………
a.       Dokter
b.      Sopir
c.       Petani
d.      Salon
6.        Perikanan air payau di usahakan di ?
a.       Air sungai                  
b.      Air danau
c.       Rawa-rawa
d.      Di tepi pantai
7.        Contoh peternakan hewan unggas adalah ?
a.       Burung
b.      Kambing
c.       Sapi
d.       kelinci
8.        Jelaskan perbedaan intensifikasi dan ekstensifikasi ?
9.        Jelaskan perbedaan perikanan air payau dan perikanan air tawar ?

Comments





  1. Anda memiliki artikel bagus di sini! jika ada orang di sini yang mencari pinjaman @ 2 tingkat sebagai imbalan untuk membeli rumah atau kebutuhan pembiayaan lainnya, saya ingin Anda menghubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com ketika saya diperkenalkan dengan mr. pedro di seminar market watch, saya memasuki pasar sebagai pembeli pertama. tentu saja, kebutuhan saya sedikit berbeda dan saya memiliki banyak pertanyaan. sebelum dia mengirimi saya surat pra-persetujuan saya, dia menelepon untuk berbicara dengan saya tentang apa artinya dan apa yang bisa berubah. dia membuat dirinya tersedia untuk saya di hampir setiap jam melalui email dan teks. dia sangat responsif dan berpengetahuan. dia juga sangat lugas. saya menjelaskan kepadanya apa harapan saya dalam hal waktu tutup dan rincian lainnya. dia mengatakan dia akan memenuhi harapan itu tetapi dia melampaui mereka. saya menutup begitu cepat makelar saya dan penjual tentu saja bersemangat tentang itu. tapi sebagai pembeli saya menghargai berjalan melalui proses penawaran pinjaman mr pedro. dari pra-persetujuan hingga penutupan - perjalanannya sangat mulus dan saya menganggap diri saya beruntung karena saya pernah mendengar cerita horor. saya merekomendasikan dia kepada siapa pun yang mencari pinjaman. semuanya ditangani secara elektronik dengan bijaksana dan aman

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resensi Novel Jingga Dalam Elegi

RESENSI NOVEL JINGGA DALAM ELEGI Resensi ini sebenarnya saya buat dalam rangka memenuhi tugas kuliah hehe.. saya share siapa tau bermanfaat🙃 Identitas dari buku Judul : Jinga Dalam Elegi Penulis : Esti Kinasih Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Tahun terbit : 2011 Tebal/jumlah halaman : 1,6 cm/388 halaman Harga : Rp 30.000,- Penggunaan Bahasa Penulis menggunakan bahasa yang santai, tidak kaku dan mudah dipahami oleh pembaca. Sinopsis  Sejak peristiwa pagi hari saat melihat mata Tari bengkak, Ari jadi penasaran. Benarkah itu hanya karena Ari menghapus nomor HP Ata dari HP Tari, ataukah karena Angga? Kalau memang karena Angga yang notabene musuh bebuyutan Ari, Ari ingin tahu apa yang telah dilakukan cowok itu terhadap Tari.  Setelah menemukan a shoulder to cry on pengganti Angga dalam diri Ata, perlahan-lahan Tari mulai melupakan Angga. Sikap Ata yang bertolak belakang dengan Ari membuat Tari nyaman bersama Ata. Ia pun curhat habis-ha...

Review Jam Tangan Casio DB-360G-9ADF / DB-360-1ADF

Pengalaman Menggunakan Si Kuning dan Si Silver  Jam Tangan Casio DB-360G-9ADF / DB-360-1ADF Adakah yang ingin membeli jam tangan dengan merk Casio tipe Data Bank? Kali ini aku mau membagikan cerita tentang pengalamanku menggunakan jam tangan yang ku beri nama si kuning. So, don't skip! Wajib baca sampai habis yaaaa hihihi ------------------------------------------------ 9 tahun yang lalu, aku sempat les private grammer bahasa inggris di rumah. Saat itu, guru lesku sedang pakai jam tangan Casio dengan tipe yang berbeda. Aku sering mengamati jam tangan itu kalau lagi bosan dengan topik yang sedang dibahas saat les.  "Gilaa sih, ini jam komplit amat. Ada penunjuk waktu, hari, tanggal bahkan bulan sama tahun" batinku saat itu. Aku mulai tertarik dengan jam tangan itu. Saat ada jeda, aku tanya sama guru lesku tentang jam tangan yang sedang dipakai. Pertanyaannya hanya seputar belinya dimana? harganya berapa? yang akhirnya aku mendapat informasi lebih t...