RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : IV/1
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : 3.
Energi Alternatif
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 1 hari (6 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti (KI):
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca ) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
No
|
Indikator
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
|||
3.4
|
Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang
sama dan berbeda.
|
3.4.4
|
Mengidentifikasi teks petunjuk yang dibaca
|
|
4.4
|
Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam
bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
4.4.4
|
Mempraktikkan teks petunjuk yang dibaca.
|
|
IPA
|
|
|||
3.5
|
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternative (angin, air, matahari, panas bumi,
bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.5.5
|
Mengidentifikasi macam-macam sumber energi
alternative dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
4.5
|
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran
informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
|
4.5.5
|
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternative dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
IPS
|
|
|||
3.1
|
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
3.1.1
|
Mengidentifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya.
|
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
4.1.1
|
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya dalam
bentuk tulisan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
BAHASA INDONESIA
1. Dengan mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, peserta didik mampu mengidentifikasi langkah-langkah
pembuatan layang-layang dengan tepat.
2. Dengan mengamati gambar dan membaca
teks petunjuk tertulis, peserta didik mampu membuat layang-layang dengan tepat.
IPA
3. Dengan pengamatan, peserta didik
mampu mengidentifikasi macam-macam sumber energi alternative dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4. Setelah pengamatan, peserta didik mampu menyajikan laporan dalam bentuk peta
pikiran hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif dalam
kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
IPS
5. Dengan mengolah informasi, peserta
didik mampu mengidentifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif
dan pemanfaatannya dengan tepat.
6. Dengan mengolah informasi, peserta
didik mampu menyajikan hasil
identifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif dan
pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
D. Materi Pembelajaran
1. IPA :
Energi alternatif
2. IPS :
Sumber Daya Alam alternatif (tanaman jarak)
3. Bahasa Indonesia : Teks petunjuk
E. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran: Saintific
2. Model: Jigsaw dan NHT
3. Metode:
Diskusi, tanya-jawab, pengamatan, presentasi, penugasan, dll.
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru menyapa siswa.
2. Guru meminta salah
satu siswa untuk memimpin doa.
3. Guru mengabsen siswa.
Motivasi
4. Guru bersama dengan siswa
menyanyikan lagu “Bermain Layang-Layang” untuk memotivasi siswa agar
bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
5. Guru menayangkan sebuah video
tentang sumber energi alternatif, berjudul “Mari Mengenal Energi Terbarukan”.
6. Guru mengajak siswa untuk
menyanyikan yel-yel “Tepuk Semangat”.
Apersepsi
7. Menggali kembali pelajaran yang
telah dipelajari pada pertemuan yang lalu mengenai manfaat energi.
8. Guru memberikan
beberapa pertanyaan:
a. Pada cuaca seperti apa
kalian biasa memainkan layang-layang?
b. Siapa yang pernah
mendengar bahwa angin merupakan salah satu sumber energi alternatif?
c. Siapa yang tahu apa
saja macam-macam sumber energi alternatif selain angin?
9. Guru mengulas kembali pembelajaran
tentang sumber daya alternatif.
Orientasi
10. Guru menyampaikan
tujuan dan kompetensi dasar yang akan dicapai serta pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan
belajar dan setiap anak dalam kelompok diberikan topi bernomor.
(Langkah
NHT 1 : Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan memberikan topi bernomor
untuk setiap siswa dalam kelompok)
Mengamati
2. Guru memperlihatkan
sebuah layang-layang.
3. Siswa mengamati benda tersebut.
4. Guru memberikan pertanyaan :
Siapa yang pernah bermain
layang-layang ?
Dimana biasanya kalian bermain layang-layang?
Disaat cuaca seperti apa kalian biasa bermain
layang-layang?
Siapa yang bisa membuat layang-layang sendiri?
Menalar
5. Siswa menjawab secara lisan pertanyaan yang diajukan oleh guru.
6. Guru membagikan bahan-bahan untuk membuat layang-layang dan teks
petunjuk membuat layang-layang.
(Langkah
NHT 2 : membagikan tugas kepada setiap kelompok)
Mencoba
7. Setiap kelompok melakukan praktek membuat layang-layang.
(Langkah
NHT 3 : Anggota kelompok mengerjakan tugas dan
memastikan setiap anggota kelompok terlibat)
Mengkomunikasikan
8. Guru memanggil salah satu nomor yang dimiliki oleh setiap siswa. Nomor
topi dipilih secara acak/undian.
9. Siswa dari setiap kelompok yang nomornya dipanggil maju ke depan kelas
untuk mempresentasikan hasil praktek kelompoknya membuat layang-layang.
(Langkah
NHT 4 : Meminta siswa dari setiap kelompok yang nomornya dipanggil melaporkan
hasil diskusi)
10. Siswa yang nomornya tidak dipanggil memberikan tanggapan atas presentasi yang
dilakukan temannya.
(Langkah
NHT 5 : Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya)
11. Guru memberi
apresiasi kepada kelompok yang hasil kerjanya telah baik, dan memberikan
motivasi kepada kelompok yang hasil kerjanya masih kurang baik.
12. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok asal secara merata berdasar
jenis kelamin dan kemampuan kognitif. Setiap kelompok beranggotakan 3 siswa.
Setiap siswa diberi topi bernomor 1, 2 atau 3.
(Langkah 1
MPK Tipe Jigsaw: membagi kelas menjadi beberapa kelompok asal)
13. Guru membagikan kartu soal dengan sub materi macam-macam sumber energi alternatif.
(Langkah 2
MPK Tipe Jigsaw: membagi materi pelajaran berupa teks kepada siswa)
14. Setiap siswa dalam kelompok asal mempelajari materi dari guru (ada siswa
yang mendapatkan materi sumber energi alternatif seperti matahari, angin,
air, dan bahan bakar bio.
(Langkah 3
MPK Tipe Jigsaw: siswa mempelajari materi sesuai yang didapatkan)
15. Siswa yang bernomer sama dan memiliki kesamaan materi bergabung dengan siswa dari kelompok lain untuk berdiskusi (kelompok ini dinamakan
kelompok ahli).
(Langkah 4
MPK Tipe Jigsaw: Anggota dari kelompok asal yang memiliki nomor sama saling
bergabung membentuk kelompok ahli)
16. Setiap anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan bertugas
mengajar dan membagikan informasi kepada teman lain dalam kelompoknya.
(Langkah 5
MPK Tipe Jigsaw: Anggota kelompok ahli kembali dalam kelompok asal)
17. Setiap kelompok asal mengerjakan
LKK yang telah dibagikan. Setelah itu, kelompok menuangkan materi yang telah didapatkan
dengan membuat peta pikiran tentang sumber energi alternatif.
18. Guru memanggil salah satu nomor, untuk melaporkan diskusi kelompok.
19. Siswa yang dipanggil maju ke depan mempresentasikan hasil diskusi
kelompok.
20. Siswa dari kelompok lain memberi sanggahan atau persetujuan terhadap
presentasi yang dilakukan oleh temannya.
21. Siswa mendapat umpan balik yang positif dari guru terhadap
hasil presentasi yang telah dilakukan.
22. Masih dalam kelompok asal, siswa mengerjakan soal tagihan secara individu
terkait materi yang telah dibahas.
(Langkah 6
MPK Tipe Jigsaw: Siswa mengerjakan tagihan kuis individu)
23. Siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar berdasarkan
kegiatan yang telah dilakukan.
24. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan
belajar dan setiap anak dalam kelompok diberikan topi bernomor.
(Langkah
NHT 1 : Membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan memberikan topi bernomor
untuk setiap siswa dalam kelompok)
25. Guru memperlihatkan gambar sebuah
pohon yaitu pohon jarak.
26. Siswa mengamati gambar tersebut.
27. Guru memberikan pertanyaan :
Siapa yang pernah melihat pohon jarak?
Siapa yang tahu apa saja manfaat yang dapat
dihasilkan dari pohon jarak?
Siapa yang tahu bahwa pohon jarak dapat dijadikan
sebagai sumber energi alternatif?
28. Siswa menjawab secara lisan pertanyaan yang diajukan oleh guru.
29. Guru membagikan sebuah bahan bacaan mengenai pohon
jarak sebagai sumber energi alternatif dan lembar kerja kelompok.
(Langkah
NHT 2 : membagikan tugas kepada setiap kelompok)
30. Setiap kelompok mencermati dan mengidentifikasi bacaan yang
dibagikan dan menuliskan hasil identifikasi ke dalam lembar kerja
kelompok.
(Langkah
NHT 3 : Anggota kelompok mengerjakan tugas dan
memastikan setiap anggota kelompok terlibat)
31. Guru memanggil salah satu nomor yang dimiliki oleh setiap siswa. Nomor
topi dipilih secara acak/undian.
32. Siswa dari setiap kelompok yang nomornya dipanggil maju ke depan kelas
untuk mempresentasikan hasil identifikasi teks tentang pohon jarak sebagai sumber
energi alternatif.
(Langkah
NHT 4 : Meminta siswa dari setiap kelompok yang nomornya dipanggil melaporkan
hasil diskusi)
33. Siswa yang nomornya tidak dipanggil memberikan tanggapan atas presentasi yang
dilakukan temannya.
(Langkah
NHT 5 : Siswa lain memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya)
34. Guru memberi
apresiasi kepada kelompok yang hasil kerjanya telah baik, dan memberikan
motivasi kepada kelompok yang hasil kerjanya masih kurang baik.
|
145 menit
|
Penutup
|
1. Siswa dan guru menyimpulkan hasil
praktek bersama-sama.
2. Siswa melakukan refleksi atas
kegiatan yang dilakukan.
3. Guru memberi tindak lanjut berupa
tugas terhadap siswa mencoba memainkan layang-layang yang telah dibuat dan
menuliskan pengalamannya
4. Siswa mengerjakan soal evaluasi.
5. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas rumah.
6. Guru memberikan salam penutup.
|
15 menit
|
G. Teknik Penilaian
Ranah
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Pengetahuan
|
Bahasa Indonesia
3.4.4 Mengidentifikasi teks petunjuk yang
dibaca
IPA
3.5.5 Mengidentifikasi manfaat sumber energi
alternative dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.1.1 Mengidentifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya.
|
Tertulis
|
Uraian/essay
|
Soal uraian/essay
|
Keterampilan
|
Bahasa Indonesia
4.4.4 Mempraktikkan teks petunjuk
yang dibaca.
IPA
4.5.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi alternative dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
4.1.1 Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam
dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.
|
Non-tes
|
Unjuk kerja
|
Lembar penilaian produk
|
Penilaian
1.
Bahasa Indonesia
a.
Penilaian aspek pengetahuan
Indikator
|
3.4.4 Mengidentifikasi
teks petunjuk yang dibaca
|
Teknik Penilaian
|
Uraian/essai
|
Instrumen
|
Soal uraian/essay
|
Kriteria
|
Sangat baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Teks petunjuk tertulis da visual
|
Mampu menterjemahkan teks petunjuk visual membuat layang-layang hingga
menjadi layang-layang dengan tepat
|
Mampu menterjemahkan teks petunjuk visual membuat layang-layang hingga
menjadi layang-layang dengan cukup tepat
|
Mampu menterjemahkan teks petunjuk visual membuat layang-layang hingga
menjadi layang-layang namun kurang tepat
|
Belum mampu menterjemahkan teks petunjuk visual membuat layang-layang
hingga menjadi layang-layang dengan tepat
|
Kosa kata baku
|
Menggunakan kosa kata baku dalam tulisan
|
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar tulisan
|
Menggunakan kosa kata baku sebagian kecil tulisan
|
Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam tulisan
|
Kalimat efektif
|
Menggunakan kalimat efektif dalam semua tulisan
|
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar tulisan
|
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil tulisan
|
Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua tulisan
|
Nilai total
= (Skor yang diperoleh : Skor maksimal) X 100
b.
Penilaian aspek keterampilan
Indikator
|
4.4.4 Mempraktikkan teks petunjuk yang
dibaca.
|
Teknik Penilaian
|
Verifikasi/isian skor portofolio
|
Instrumen
|
Check list portofolio berskala/rubrik
|
Tugas :
Bersama
dengan kelompok, buatlah sebuah layang-layang mengikuti teks petunjuk yang
telah diberikan.
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah Skor
|
Nilai akhir
|
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
||||
Format Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
|
4
Baik sekali
|
3
Baik
|
2
Cukup
|
1
Perlu Bimbingan
|
1
|
Ketepatan
dengan teks petunjuk
|
Layang-layang
berhasil dibuat dengan mengikuti teks petunjuk
|
75
%Layang-layang berhasil dibuat dengan mengikuti teks petunjuk
|
Separuh
Layang-layang berhasil dibuat dengan mengikuti teks petunjuk
|
Layang-layang
berhasil dibuat namun tidak dengan mengikuti teks petunjuk
|
2
|
Kerapian
|
Hasil dari
pembuatan layang-layang sangat rapi
|
Hasil dari
pembuatan layang-layang cukup rapi
|
Hasil dari
pembuatan layang-layang kurang rapi
|
Hasil dari
pembuatan layang-layang tidak rapi
|
Nilai total = (Skor yang diperoleh : Skor maksimal) X 100
2.
IPA
a. Penilaian aspek
pengetahuan
Indikator
|
3.5.5 Mengidentifikasi manfaat sumber energi
alternative dalam kehidupan sehari-hari.
|
Teknik Penilaian
|
Uraian/essai
|
Instrumen
|
Soal uraian/essay
|
Soal
Sebutkan 6 macam sumber energi alternatif dan
macam-macamnya!
Kunci jawaban
1. Matahari
Energi panas yang dihasilkan dapat
digunakan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain.
2. Angin
Angin telah dimanfaatkan sejak dulu
sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincir angin tradisional.
3. Air
Air yang deras merupakan sumber
energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.
Oleh karena itu,
di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga
Air) dibuat bendungan air di tempat yang tinggi.
4. Bahan Bakar Bio
Bahan bakar bio yang berasal dari
tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji yang mengandung minyak, seperti bunga
matahari,
jarak, kelapa sawit, kacang tanah,
dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodiesel. Biodiesel dapat
digunakan untuk
menggantikan solar. Singkong, ubi,
jagung, dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan
bensin
ataupun premium. Bahan bakar bio
juga dapat berasal dari kotoran hewan. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai
biogas.
Pedoman penilaian
Skor 0 jika soal di jawab dengan
jawaban yang salah
Skor 1 jika dapat
menyebutkan 1 macam sumber energi alternatif dengan benar
Skor 2 jika dapat
menyebutkan 2 macam sumber energi alternatif dengan benar
Skor 3 jika dapat
menyebutkan 3 macam sumber energi alternatif dengan benar
Skor 4 jika dapat
menyebutkan 4 macam sumber energi alternatif dengan benar
Nilai total = (Skor yang diperoleh :
Skor maksimal) X 100
b. Penilaian
aspek ketrampilan
Indikator
|
4.5.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi
alternative dalam kehidupan sehari-hari.
|
Teknik
Penilaian
|
Unjuk kerja
|
Instrumen
|
Penilaian produk
|
Soal :
Buatlah peta pikiran tentang energi alternatif
dan ceritakan hasilnya kepada
temanmu.
Lembar
penilaian produk
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|
kerapian
|
Kesesuaian dengan materi
|
||||
Rubrik
penilaian produk membuat peta pikiran macam-macam sumber energi dan kegunaannya
Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
3
|
2
|
1
|
|
Kerapian
|
Hasil peta
pikiran/bagan sangat rapi
|
Hasil peta
pikiran/bagan cukup rapi
|
Hasil peta
pikiran/bagan kurang rapi
|
Kesesuaian
dengan materi
|
Peta
pikiran menjelaskan materi dengan benar
|
Peta
pikiran menjelaskan materi kurang benar
|
Peta
pikiran menjelaskan materi yang berlainan dengan materi yang dipelajari
|
Nilai total
= (Skor yang diperoleh : Skor maksimal) X 100
3.
IPS
a. Penilaian aspek
pengetahuan
Indikator
|
3.1.1 Mengidentifikasi
sumber daya alam dan pemanfaatannya.
|
Teknik
Penilaian
|
Uraian/essai
|
Instrumen
|
Soal uraian/essay
|
Soal
Sebutkan 3 manfaat dari pohon jarak berdasarkan teks
“Minyak Jarak sebagai Sumber
Energi Alternatif”!
Kunci jawaban
1. Penghasil minyak
pengganti bahan bakar minyak bumi.
2. Minyak rambut
3. Minyak pijat
Pedoman penilaian
Skor 0 jika soal di jawab dengan jawaban yang salah
Skor 1 jika dapat menyebutkan 1 manfaat
pohon jarak dengan benar
Skor 2 jika dapat menyebutkan 2 manfaat
pohon jarak dengan benar
Skor 3 jika dapat menyebutkan 3 manfaat
pohon jarak dengan benar
Nilai total = (Skor yang diperoleh : Skor maksimal) X
100
b. Penilaian aspek
ketrampilan
Indikator
|
4.1.1
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam
bentuk tulisan.
|
Teknik
Penilaian
|
Unjuk kerja
|
Instrumen
|
Penilaian produk
|
Tugas :
Tulislah pendapat
kelompok tentang pemanfaatan tanaman jarak. Tulisan memuat manfaat,
kegiatan ekonomi yang bisa dilakukan, dampak pemanfaatan yang berlebihan serta
solusinya.
Rekapitulasi Penilaian Laporan
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah Skor
|
Nilai akhir
|
|
Aspek 1
|
Aspek 2
|
||||
Format Rubrik Penilaian
No
|
Aspek
|
4
Baik sekali
|
3
Baik
|
2
Cukup
|
1
Perlu Bimbingan
|
1
|
Kerapian
|
Tulisan
rapi dan bersih dari coretan
|
75 %
tulisan rapi dan bersih dari coretan
|
Separuh
bagian tulisan rapi dan bersih dari coretan
|
Tulisan
sangat kurang rapi dan banyak coretan
|
2
|
Ketepatan
tulisan dengan materi
|
Tulisan menerangkan
materi secara runtut, lengkap, dan benar (sesuai dengan materi)
|
Tulisan
menerangkan materi secara runtut dan benar (sesuai dengan materi), namun
tidak lengkap
|
Tulisan
menerangkan materi yang sesuai dengan materi namun tidak runtut dan lengkap
|
Tulisan
tidak menerangkan materi secara benar
|
Nilai total = (Skor yang diperoleh :
Skor maksimal) X 100
H. Media, Alat/Bahan,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Layang-layang, Teks lagu “Bermain Layang-layang”, Teks yel-yel “Tepuk
Semangat”, Video “Mari Mengenal Energi Terbarukan”, Laptop dan LCD proyektor.
2. Alat/Bahan:
Spidol dan papan tulis
3. Sumber Belajar:
Kemendikbud. 2015. Buku Guru
Tema 2 Kelas 4: Selalu
Berhemat Energi. Jakarta: Kemendikbud. Hal. 111-116
Kemendikbud. 2015. Buku Siswa
Tema 2 Kelas 4: Selalu
Berhemat Energi. Jakarta: Kemendikbud. Hal. 96-101
Refleksi Guru
|
Semarang,
Mengetahui,
Dosen Pengampu
Mahasiswa Praktikan
( ) ( )
NPP. NPM.
Comments
Post a Comment