RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : IV/2
Tema : 6. Cita – citaku
Sub Tema : 1.
Aku dan cita – citaku
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu : 6 x 35
menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI):
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca ) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No
|
Kompetensi Dasar
|
No
|
Indikator
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
|||
3.6
|
Menggali isi
dan amanat
puisi yang
disajikan secara
lisan dan
tulis dengan tujuan
untuk
kesenangan.
|
3.6.1
|
Mengidentifikasikan
ciri-ciri puisi dengan benar.
|
|
4.6
|
Melisankan
puisi hasil karya
pribadi dengan
lafal, intonasi,
dan ekspresi
yang tepat
sebagai bentuk
ungkapan
diri.
|
4.6.1
|
Menyajikan hasil
pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
|
|
IPA
|
|
|||
3.2
|
Membandingkan
siklus hidup
beberapa jenis
makhluk
hidup serta
mengaitkan
dengan upaya pelestariannya.
|
3.2.1
|
Mengidentifikasi
siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan upaya pelestariannya dengan
baik.
|
|
4.2
|
Membuat skema
siklus hidup
beberapa jenis
makhluk
hidup yang ada
di lingkungan
sekitarnya,
dan slogan upaya
pelestariannya.
|
4.2.1
|
Membuat skema siklus hidup
beberapa jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
BAHASA INDONESIA
1. Melalui kegiatan mengamati dan
berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri – ciri puisi dengan benar.
2. Melalui kegiatan membuat kesimpulan,
siswa dapatmenyajikan hasi pengamatan tentang ciri – ciri puisi secara
terperinci.
IPA
3. Melalui kegiatan pengamatan, siswa
mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada disekitarnya dengan baik.
4. Melalui kegiatan menyusun gambar
tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus
makhluk hidup yang ada disekitarnya dengan baik
D. Materi Pembelajaran
1. IPA :
Siklus hidup makhluk hidup
2. Bahasa Indonesia : Teks puisi
E. Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran: Saintific
2. Metode: Diskusi, tanya-jawab, pengamatan, penugasan, dll.
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Siswa menjawab salam dari guru
2. Guru mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kondisinya
3. Berdoa bersama dipimpin oleh siswa
4. Guru melakukan appersepsi dengan meminta siswa mengamati gambar dalam
buku siswa hal.1
5. Apa kamu memiliki cita - cita?
6. Apa yang dimaksud dengan cita –cita?
7. Guru menyampaikan tema,tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan
dilakukan
8. Guru memotivasi siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati beberapa gambar
kegiatan berbagai profesi (mengamati)
2.
Dengan bimbingan guru, siswa
menuliskan kegiatan berdasarkan gambar (mencoba)
3.
Siswa membaca teks puisi
berjudul “Cita-Citaku” (mengomunikasikan)
4.
Siswa dibentuk dalam 4
kelompok
5.
Dengan bimbingan guru, siswa
mengidentifikasi ciri –cirri puisi(mengkomunikasikan)
6.
Siswa menyajikan hasil
pengamatan dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang
ciri-ciri puisi (mencoba)
7.
Siswa mengamati bagian-bagian
puisi dalam buku siswa hal.5 (mengamati)
8.
Siswa menuliskan bagian-bagian
puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi(mencoba)
9.
Siswa membaca dan memahami teks
informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan(menalar)
10. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi seorang dokter
hewan serta tugas-tugasnya,dengan menjawab pertanyaan berikut:(mengomunikasikan)
a. Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
b. Apakah tugas utama seorang dokter hewan?
11. Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan dalam buku siswa hal.6(mengamati)
12. Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang
pertumbuhan hewan(mengomunikasikan)
13. Siswa menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan yang benar (mencoba)
14. Setiap kelompok menuliskan hasil diskusinya tentang pertumbuhan
hewan (mencoba)
15. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas(mengomunikasikan)
16. Guru memberikan penguatan
17. Siswa bersama guru menyimpulksn hasil diskusi (mengomunikasikan)
|
210 menit
|
Penutup
|
1. Siswa dan guru merangkum materi
pembelajaran
2. Siswa dan guru merefleksi kegiatan
pembelajaran
3. Siswa diberi tindak lanjut berupa
PR
4. Guru memberikan gambaran mengenai
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
5. Pembelajaran ditutup dengan doa
oleh seorang siswa
6. Siswa berpamitan dan memberi salam
kepada guru saat pulang.
|
G. PENILAIAN
1. Jenis/Teknik
penilaian
1. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
2. Penilaian
keterampilan : Produk
2. Bentuk
Instrumen dan Pedoman Penskoran
a.
Instrumen
penilaian pengetahuan
No
|
Muatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Bahasa Indonesia
|
Mengidentifikasi ciri – ciri puisi.
|
Tertulis
|
Uraian
|
1.Jelaskan ciri-ciri puisi !
|
1. Terdiri dari beberapa baris yang membentuk bait.
2. Memiliki keteraturan bunyi atau sajak
|
2.
|
IPA
|
Mengidentifikasi siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan
upaya pelestariannya.
|
Tertulis
|
Uraian
|
1.Urutkan tahapan perubahan pada bebek?
2.Jelaskan cara merawat hewan peliharaan?
|
1. Telur-anak bebek-Bebek dewasa
2. 1.)Memberi makanan yang sehat
2.)Menjaga kebersihan tuguh hewan
3.Membuat kandang hewan
|
Penskoran:
No.
1 : 3
No.
2 : 2
No.
3 : 3
Jumlah
skor maksimal 8
b.
Instrumen
penilaian ketrampilan
Bahasa Indonesia
1. Membuat
kesimpulan dari pengamatan dan diskusi
![]() |
IPA
2. Menyusun
IPA
2. Menyusun tahapan Perkembangan hewan
![]() |
Nilai = jumlah skor perolehan : jumlah
skor maksimal x 100
H.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Media : Gambar-gambar
hewan dan tumbuhan, contoh-contoh puisi
2. Alat : Spidol dan papan tulis.
3. Sumber : a.
Kurikulum 2013
b. Buku guru tema 6, Subtema 1, Pembelajaran
1(hal 1- 11)
c. Buku siswa tema 6, Sub tema 1, Pembelajaran 1(hal 1 – 9)
c. Buku siswa tema 6, Sub tema 1, Pembelajaran 1(hal 1 – 9)
Semarang,
Mengetahui,
Dosen
Pengampu
Mahasiswa Praktikan
Comments
Post a Comment