RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan
|
:
|
|
Kelas / semester
|
:
|
I / I
|
Tema
|
:
|
2. Kegemaranku
|
Sub Tema
|
:
|
1. Gemar Berolahraga
|
Pembelajaran
|
:
|
3 (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 hari (5X35 Menit)
|
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR & INDIKATOR
Mapel/Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal kosakata
tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar,
tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan
tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia
yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah memelihara kesehatan.
|
3.5.1 menyebutkan kosakata tentang kegemaran berolahraga
3.5.2 memasangkan kalimat rumpang
4.5.1 menceritakan kegunaan alat olahraga (bola, raket, bola kasti)
|
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari- hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
|
1.2.1 Bersyukur
1.2.2 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran
2.2.1 Menunjukan sikap jujur
3.2.1 Mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan saat bermain bersama
teman
4.2.1 menceritakan kebiasaan masing-masing terkait sikap jujur
|
Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99.
|
3.4.1 Menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan
teknik tanpa menyimpan
4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan bilangan yang hasil maksimalnya 10 menggunakan
benda konkret
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar tentang
kegemaran olahraga, siswa dapat menyebutkan minimal 5 kosakata tentang
kegemaran berolahraga dengan tepat
2. Dengan latihan dan
bimbingan guru siswa dapat memasangkan kalimat rumpang dengan tepat
3. Dengan benda konkret berupa bola,
raket dan bola kasti siswa dapat menceritakan kegunaan alat olahraga (bola,
raket, bola kasti) dengan benar
4. Dengan bimbingan guru secara rutin
siswa dapat berperilaku syukur dengan benar
5. Dengan bimbingan guru secara rutin
siswa dapat berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan
santun
6. Dengan pemberian contoh tentang sikap
jujur dari guru siswa dapat menunjukan sikap jujur dengan baik
7. Dengan pemberian contoh mengenai sikap
yang harus dilakukan saat bermain bersama teman, siswa dapat mengidentifikasi
sikap yang harus dilakukan saat bermain bersama teman dengan tepat
8. Dengan bimbingan guru mengenai
kebiasaan sikap jujur siswa dapat menceritakan kebiasaan
masing-masing terkait sikap jujur dengan baik
9. Dengan bimbingan
guru mengenai penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10
siswa dapat menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik
tanpa menyimpan dengan tepat
10. Dengan
menggunakan bola kasti sebagai benda konkret siswa dapat
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan bilangan yang hasil maksimalnya 10 menggunakan benda konkret
dengan tepat
D. KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Mandiri
2. Religius
3. Gotong
Royong
4. Integritas
5. Nasionalis
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Kegemaran
Berolahraga
2. Kejujuran
3. Penjumlahan
dua bilangan yang hasil maksimalnya 10
F. METODE
PEMBELAJARAN
PENDEKATAN : Scientific
MODEL : Problem
Based Learning
METODE : diskusi,
tanya jawab, penugasan, ceramah
G. MEDIA
PEMBELAJARAN
Media
- Gambar
jenis-jenis olahraga di buku siswa
- Bola,
raket, bola kasti
- teks
bacaan “Beni bermain kasti”
Alat Pembelajaran
- LCD
- Laptop
- Speaker
- Peluit
H. SUMBER
BELAJAR
- Adellina,
Novilia .dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema
Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Adellina,
Novilia dkk. 2016.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kegemarankuku,Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
I. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan Pra Pembelajaran
1. Guru memberi salam dan menanyakan
kabar siswa
2. Siswa diajak berdoa bersama-sama
menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Integritas :
membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
3. Guru mengajak siswa menyanyikan
lagu Indonesia Raya.(Nasionalis)
4. Guru
mengomunikasikan kehadiran siswa
|
15 menit
(06.45-07.00)
|
5. Guru melakukan apersepsi dengan
bertanya
- Anak-anak,
Siapa yang suka bermain?
- Apa nama
permainan yang sering kalian mainkan?
6. Guru memberikan motivasi dengan
memberikan permainan tepuk semangat.
7. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
8. Guru menyampaikan urutan kegiatan
yang akan dilakukan siswa
|
15 menit
(07.00-07.15)
|
|
Inti
|
a. Orientasi
Peserta Didik pada masalah
1. Siswa mengamati gambar jenis-jenis
olahraga pada Buku Siswa (mengamati)
2. Siswa menyebutkan nama-nama
olahraga tersebut.
3. Guru memancing partisipasi aktif
siswa dengan pertanyaan sebagai berikut.
- Tahukah kamu
jenis-jenis olahraga lainnya?
- Sebutkan
olahraga yang kamu ketahui!
- Olahraga apa
yang kau sukai?
- Mengapa kamu
menyukainya?
|
55 menit
(07.15-08.10)
|
b. Mengorganisasikan
siswa untuk belajar
4. Siswa menanyakan hal-hal yang belum
dipahami(menanya)
5. Siswa mengamati benda-benda yang
berhubungan dengan Olahraga yang dibawa oleh guru (bola, raket, bola
kasti) (mengamati)
6. Siswa menceritakan benda-benda
tersebut (mencoba)
7. Siswa menyimak teks bacaan “Beni
bermain kasti”(mengamati)
8. Siswa dan guru melakukan tanya
jawab mengenai sikap yang harus dilakukan saat bersama teman (menanya)
9. Siswa menyimak penjelasan guru
mengenai pentingnya kejujuran
10. Beberapa siswa secara acak menceritakan kebiasaannya
masing-masing terkait sikap jujur (mencoba)
11. Siswa mengerjakan LKPD secara berpasangan berupa mencari
kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang (menalar)
|
45 menit
(08.10-09.05)
|
|
c. Membimbing Penyelidikan
Individu dan Kelompok
12. Guru mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam menjawab
LKPD
|
15 menit
(09.05-09.30)
|
|
d. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
Karya
13. Siswa menyampaikan hasil diskusi (mengkomunikasikan)
e.
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
14.
Guru bersama siswa merefleksi kegiatan
yang telah
dilakukan
15. Siswa menyimak cerita “Bola Kasti Beni” (mengamati)
16. Siswa memperagakan penjumlahan dua bilangan yang hasil
maksimalnya 10 menggunakan benda konkret yaitu bola kasti(mencoba)
17. Siswa mengerjakan LKPD secara berpasangan yaitu
menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10
18. Siswa menyampaikan hasil LKPD yang telah dikerjakan(mengkomunikasikan)
19. Guru bersama siswa merefleksi kegiatan yang telah
dilakukan
|
40 menit
(09.30-10.10)
|
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru membuat
kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2. Guru memberikan umpan balik dan
penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3. Siswa mengerjakan evaluasi tertulis
4. Guru memberikan tindak
lanjut kepada siswa (pembelajaran remidial/pengayaan)
5. Siswa berdoa menurut agama dan
keyakinan masing-masing
|
20 menit
(10.10-10.30)
|
J. PENILAIAN
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap: Pengamatan dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Penilaian Pengetahuan
- Mengisi kalimat rumpang dengan bantuan gambar
- Menyebutkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah
- Menghitung dan menjumlah benda dalam gambar
Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
1. Bercerita berdasarkan gambar
|
Kalimat
yang dibuat terdiri atas SPOK
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
2.
Memerankan kegiatan
yang boleh dilakukan
di rumah
|
Sesuai dengan topik, terlihat terbiasa (tidak canggung), ekspresif, percaya diri
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
3.
Membuat cerita penjumlahan
|
Sesuai dengan topik, kreatif, menggunakan bahasa yang tepat sasaran, membuat kalimat matematika yang tepat
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Format Penilaian Keterampilan
1.
Bercerita berdasarkan gambar
No
|
Nama Siswa
|
Penggunaan Subyek
Tepat
|
Penggunaan Predikat
Tepat
|
Penggunaan Obyek Tepat
|
Penggunaan keterangan
tepat
|
Predikat
|
1
|
Dayu
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Kurang
|
2
|
Udin
|
-
|
√
|
√
|
√
|
Baik
|
3
|
…..
|
-
|
-
|
2.
Memerankan kegiatan yang boleh dilakukan di rumah
No
|
Nama Siswa
|
Sesuai dengan
topik
|
Terlihat
terbiasa
(tidak
canggung)
|
Ekspresif
|
Percaya diri
|
Predikat
|
1
|
Dayu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat
Baik
|
2
|
Udin
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Baik
|
3
|
…..
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
Membuat Cerita Penjumlahan
No
|
Nama Siswa
|
Sesuai dengan
topik
|
Kreatif
|
Menggunakan
bahasa yang
tepat sasaran
|
Membuat
kalimat
matematika
yang tepat
|
Predikat
|
1
|
Dayu
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Sangat
Baik
|
2
|
Udin
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Baik
|
3
|
…..
|
-
|
-
|
-
|
-
|
PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
Keterangan:
BT : BelumTerlihat
MT : MulaiTerlihat
MB : MulaiBerkembang
SM : SudahMembudaya
Berilahtandacentang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian
Pengetahuan
Tes tertulis (lembar kerja di buku siswa)
3. Penilaian
Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
Kriteria
|
Terlihat ( P)
|
Belum Terlihat (P )
|
Kemampuan
menyampaikan kalimat yang dibisikkan dengan tepat dari barisan kelompoknya
|
||
Siswa
bersikap aktif dalam permainan Kuda Bisik
|
Semarang,
|
|
Mengetahui
,
Dosen
Pengampu
( )
NPP.
|
Praktikan
( )
NPM.
|
Comments
Post a Comment